tugas soft skill 2, visi dan misi
Assalamualaikum warrohmatullohi
wabbbarokatuh.
Bissmillah, segala puji bagi
allohuta’ala yang melimpahkan rahmat tak terhingga kepada semesta alam, semoga
sholawat salam tetap tersampaikan kepada nabi akhir zaman. Muhammad shalallohu
alaihi wassalam.
VISI DAN MISI PT Unilever
PT Unilever Indonesia Tbk (perusahaan) didirikan pada
5 Desember 1933. Unilever Indonesia merupakan salah satu anak perusahaan
raksasa produk konsumen Unilever yang patut dibanggakan. Secara finansial
hingga 2004, Unilever Indonesia berhasil mempertahankan tingkat pertumbuhan dua
digit selama 6 tahun berturut-turut. Angka penjualan tumbuh sebesar 10,6%
menjadi Rp 8,985 triliun; laba usaha tumbuh 14,8% menjadi Rp 2,039 triliun;
laba bersih tumbuh sebesar 13,2% menjadi Rp 1,468 triliun. Dengan kurs sekitar
Rp 9.000 per dolar Amerika, maka Unilever Indonesia bisa dikatakan perusahaan
satu miliar dolar.
Elemen-elemen
strategi bisnis yang seimbang yang digunakan oleh PT Unilever Indonesia Tbk. :
1. Visi dan
Misi
Visi yang dimiliki oleh sebuah perusahaan merupakan
suatu cita-cita tentang keadaan di masa datang yang diinginkan untuk terwujud
oleh seluruh personel perusahaan, mulai dari jenjang yang paling atas sampai
yang paling bawah, bahkan pesuruh sekalipun. Misi adalah penjabaran secara
tertulis mengenai visi agar visi menjadi mudah dimengerti atau jelas bagi
seluruh staf perusahaan.
Visi Unilever
adalah “To become the
first choice of consumer, costumer and community”
Misi Unilever
adalah :
- Menjadi yang pertama dan terbaik di kelasnya dalam memenuhi kebutuhan dan aspirasi konsumen
- Menjadi rekan yang utama bagi pelanggan, konsumen dan komunitas.
- Menghilangkan kegiatan yang tak bernilai tambah dari segala proses.
- Menjadi perusahaan terpilih bagi orang-orang dengan kinerja yang tinggi.
- Bertujuan meningkatkan target pertumbuhan yang menguntungkan dan memberikan imbalan di atas rata-rata karyawan dan pemegang saham.
- Mendapatkan kehormatan karena integritas tinggi, peduli kepada masyarakat dan lingkungan hidup.
2. Analisis
Lingkungan Eksternal dan Internal
Realisasi misi perusahaan akan menjadi mudah dilakukan jika perusahaan
mengetahui dan menganalisis lingkungan eksternal dan lingkungan internal
perusahaan Perusahaan perlu mengetahui kekuatan dan kelemahannya, sehingga perusahaan
dapat mencermati peluang yang ada dan memanfaatkannya agar perusahaan memiliki
keunggulan kompetitif. Dalam dunia bisnis, perusahaan harus mampu menganalisa
lingkungan eksternal dan internal agar dapat menentukan manajemen strategis
yang paling tepat untuk kemajuan masa depan perusahaan.
Vitalitas adalah inti semua kegiatan Unilever, yang
terdapat di dalam produk, karyawan dan nilai-nilai perusahaan. Vitalitas
mempunyai arti yang berbeda bagi masing-masing orang. Ada yang menganggapnya
sebagai energi, yang lain menganggapnya sebagai kondisi badan dan pikiran yang
sehat serta merasakan hidup yang berarti. Bagaimanapun juga mereka
mendefinisikannya, jutaan orang di seluruh dunia menggunakan produk Unilever
setiap hari untuk meningkatkan vitalitas kehidupan konsumennya karena memiliki
rambut yang berkilau dan senyum yang cemerlang, mempunyai rumah yang tetap
segar dan bersih, atau dengan menikmati secangkir teh yang nikmat, makanan
yang memuaskan dan makanan kecil yang menyehatkan. Vitalitas berarti apa
yang Unilever pertahankan: nilai-nilai perusahaan, apa yang membuat perusahaan
berbeda, dan bagaimana perusahaan memberi sumbangsih kepada masyarakat.
Vitalitas merupakan ikatan bersama yang menghubungkan produk-produk dan
merupakan inti perusahaan yang tidak ada duanya untuk beroperasi di seluruh
dunia.
Misi vitalitas perusahaan mengharuskan perusahaan
untuk menumbuhkan usaha dengan menangani masalah-masalah kesehatan dan gizi.
Budaya perusahaan menggambarkan vitalitas. Menambah vitalitas hidup memerlukan
standar tertinggi perilaku terhadap setiap orang yang berhubungan dengan
Unilever; masyarakat yang tersentuh dan lingkungan yang terpengaruh oleh
Unilever. Permintaan yang terus meningkat akan lebih banyak vitalitas hidup
memberi kami kesempatan besar untuk tumbuh. Cara Unilever bekerja dan produk-produk
yang Unilever kembangkan dibentuk oleh kecenderungan pelanggan, bersama-sama
dengan kebutuhan untuk membantu meningkatkan standar kesehatan dan higiene baik
di negara-negara berkembang maupun maju di seluruh dunia.
ini sedikit penjabaran visi dan misi yang belum tercantum diatas:
kami (uniliver)
Produk Unilever telah menyentuh sekitar 2 milyar orang setiap hari, baik itu melalui perasaan yang luar biasa karena mereka memiliki rambut yang kemilau dan senyum yang menawan, membuat rumah mereka segar dan bersih, atau dengan menikmati secangkir kopi, makanan yang lezat atau snack yang sehat.
Arah
yang jelas
Empat
pilar utama dari visi kami menggambarkan arah jangka panjang dari perusahaan –
kemana tujuan kami dan bagaimana kami menuju ke arah sana:
·
Kami bekerja untuk membangun masa depan yang
lebih baik setiap hari
·
Kami membantu orang-orang merasa nyaman,
berpenampilan baik dan lebih menikmati kehidupan dengan brand dan
pelayanan yang baik bagi mereka dan bagi orang lain
·
Kami menjadi sumber inspirasi orang-orang untuk
melakukan hal kecil setiap hari yang dapat membuat perbedaan besar bagi dunia
- Kami akan mengembangkan cara baru dalam melakukan bisnis dengan tujuan membesarkan perusahaan kami dua kali lipat sambil mengurangi dampak lingkungan
Efek budaya
kerja dari sebuah visi dan misis.
Setiap
hal yang dibangun diatas sebuah tujuan tak terkecuali visi dan misi yang
dikembangkan oleh sebuah perusahaan tertentu, tentu memiliki berbagai efek
pengaruh dalam lingkungan kerja dan sosial. Seperti beberapa visi dan misi yang
disebutkan oleh perusahaan diatas (unilier), pasti akibatnya akan berkemban.
Melebar kesegala aspek lingkup ruang perusahaan tersebut.
Dari
lahirnya sebuah tujuan yang berupa visi dan misi tersebutlah muncul efektifitas
pekerja yang tinggi dan semangat yang kuat. Semuanya tentu diimbangi dengan
gaji dan tunjangan sosial yang memadai..
Diantara
hal kecil yang timbul adalah kedisiplinan waktu mulai dan berakhirnya kerja.
Kita bisa meliha sendiri diberbagai perusahaan terkhusus uniliver, dimana para
pekerjanya begitu disiplin dan teliti dalam membuat sebuah produk yang tentu
hal-hal semacam ini tidak terlepas dari pengembangan visi dan misi perusahaan
tersebut.
Mereka punya cara sendiri bagaimana cara
terefektif untuk menjadi perusahaan yang dapat bersaing dibidangnya terus
menerus tanpa tergerus oleh arus globalisasi. Biasanya juga dari penjabarab
visi dan misi tersebut perusahaan mengembangan kagi menjadi sebuah tujuan visi
dan misi yang baru sesuai keadaan suatu daerah dimana perusahaan tersebut
berdiri.
Maka seyogyanya setiap perusahaan memiliki
nilai visi dan misi yang baik.
Komentar
Posting Komentar